Monday, July 22, 2013

Kisah Nabi Yusuf By Ust Quraish Shihab ayat 1 sd 6

Assalamu'alaikum Wr Wb

Wassholatu Wassalamu 'ala ashrofil anbiya' i wal mursalin, sayyidina Muhammadin Wa'ala alihi
Washohbihi ajma'in. Ama ba'du.
Puji syukur kehadirat Allah SWT karena limpahan karunianya.
Shalawat serta salam kepada Rasulullah Muhammmad SAW, keluarga, sahabat dan seluruh
pengikutnya.

Mohon maaf sebelumnya kepada para alim ulama semua.
Tulisan ini terutama untuk diri saya pribadi. Sekiranya ada yang berkenan, penulis berterima kasih sekali. Jika ada perbedaan pendapat, mohon maaf sebelumnya.

Salam sejahtera bagi kita semua.

Beberapa makna dari Kisah Nabi Yusuf sesuai Surat Yusuf di Al-qur'an
Kategori mimpi:
  1. Mimpi karena yang bermimpi sangat menginginkannya, sedangkan di dunia nyata tidak berhasil. Misalnya mengharapkan seorang istri, sampai terbawa mimpi.
  2. Mimpi sesuai kondisi orang tersebut. Misalnya, ybs sedang tertindih bantal di tenggorokannya, maka ia seolah2 mimpi tercekik.
  3. Mimpi karena ilham dari Allah SWT. Ini sesuai mimpi nabi Yusuf tentang bintang yang sujud kepadanya dan mimpi yan lain.
  4. Mimpi dari setan. Pernah dialami orang sehebat Syekh Abdul Qadir jaelani. Disuruh untuk berhenti beramal, karena amal sudah banyak. Dijawab oleh beliau bahwa Rasulullah SAW saja tidak pernah berhenti beramal.
Saran: 
  1. Jangan ceritakan mimpi kepada yang tidak bisa mengetahui tafsir mimpi dan jangan menceritakan mimpi kepada orang yang tidak disukai.
  2. Berdoalah sebelum tidur supaya mimpi yang baik dan terhindar dari mimpi yang berasal dari setan.

Kajian:
Tambahan dari salah satu uztadz saat ceramah di Musholla Al Ikhlas, bahwa saat Nabi Yusuf digoda, sebenarnya tertarik dengan Zulaikha. Akan tetapi, karena mengingat azab Allah maka Nabi yusuf memilih berpegang teguh pada perintah Allah. Inilah makna penting disini.

Jangan hanya karena ada kesempatan besar dan ada kemauan/ hasrat yang kuat untuk berbuat dosa maka kita tetap melakukan dosa itu. Ingatlah bahwa Allah senantiasa mengawasi kita. Dan ingatlah azab yang menanti atas dosa kita. Azab pasti akan datang, hanya karena sifat Allah yang pengasih dan penyayang maka azab sering ditunda.

Yang sedikit ini semoga bermanfaat

Shadaqallahul'adzim
Wallahu a'lam bish-shawab
Wabillahi taufiq walhidayah wassalamuala mursalin walhamdulillahirabbil alamin

Wassalamu'alaikum Wr Wb

No comments: