Friday, July 5, 2013

MOTIVASI KEPADA MAHASISWA DAN DOSEN

Assalamu'alaikum Wr Wb
Salam sejahtera bagi kita semua.

Yang paling sahih mengenai yang pertama kali turun ialah firman Allah :
اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ (1) خَلَقَ الْإِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ (2) اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ (3) الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ (4) عَلَّمَ الْإِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ (5)
Artinya : `Bacalah dengan nama Tuhanmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar dengan perantaran kalam , Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.(al-`Alaq : 1-5 ).
Intinya apa: Membaca dan belajar.
Karena itu, betapa pentingnya belajar. Tempuhlah pendidikan setinggi mungkin. Jangan berhenti hanya sampai disini. Dengan hambatan apapun, jika ada kemauan InsyaAllah akan ada jalan.

Untuk menjadi pelajar/mahasiswa yang baik:
1. rajin belajar
2. hormati pendidik. Meskipun kita merasa lebih pintar atau hebat, jangan sekali2 merendahkan guru/ dosen kita. Zaman wali/ sunan dulu, mereka saling nyantri. Jadi, suatu saat sunan tersebut menjadi guru tetapi suatu saat juga menjadi murid. layaknya ini dapat kita conoth. para wali yang berkaromah saja melakukan itu. Apalagi kita.
3. jauhi demo yang destruktif. Seperti demo BBM kemarin, coba demonya dengan membuat/ menemukan bahan bakar gratis. Jangan sampai memukuli pengendara yang tidak mau ikut berdemo. Seperti yang terjadi baru2 ini.
Sedikit untuk guru/dosen:
1. Berlemah lembutlah dalam mengajar. Murid/ mahasiswa adalah anak selama di tempat pendidikan. dan kita adalah orang tua mereka.
2. Hargai juga proses, bukan hanya hasil. Sesungguhnya tingkat kepandaian sudah dari Allah SWT. Ketika murid/ mahasiswa kurang tanggap, tetapi sudah mau bekerja keras mohon untuk ada pertimbangan dalam penilaian.

Yang sedikit ini semoga ada manfaatnya.

Wallahu A'lam Bishawab


Wassalamu'alaikum Wr Wb

http://pokokilmu.blogspot.com/

No comments: