Saturday, July 19, 2014

Kontes Menulis Kisah Inspiratif EVENT MAYOR “Empati demi Surgawi” Hadiah Uang/Pulsa, Buku terbit, e-sertifikat dan Royalty. DL 31 Oktober 2014.


Kontes Menulis Kisah Inspiratif EVENT MAYOR “Empati demi Surgawi” Hadiah Uang/Pulsa, Buku terbit, e-sertifikat dan Royalty (DL 31 Oktober 2014).
(Menerbitkan buku dan menjual bukunya masuk toko buku gramedia, dll. Jumlah buku yang akan dicetak akan disesuaikan dengan jumlah halaman jadi buku. Dengan ketentuan apabila jumlah halaman buku tersebut dibawah 160 halaman adalah 250 eks, sedangkan diatas 160 halaman adalah 150 eksemplar. Apabila laku terjual, maka otomatis akan dicetak lebih banyak lagi).

Lomba ini diadakan dalam rangka menyambut MILAD Yayasan Peduli Umat Yogyakarta yang ke-1 pada tanggal 11 Juli2014.


Tema lomba menulis ini adalah : Berbagi dengan Empati. 
Jarang, berbagi dilakukan dengan empati, dimana kita menempatkan seolah- olah kita berada pada posisi orang yang sedang kesusahan tersebut. Saat orang butuh umpan, berilah umpan. Saat orang butuh tali pancingan, berilah tali pancingan. Jika saat butuh umpan kita beri tali pancingan, maka tali pancingan tersebut akan digunakan untuk gantung diri. Kita justru secara tidak langsung turut membunuh orang tersebut. Baik harga dirinya, kemampuannya, karyanya, cita- citanya maupun karakternya. Itulah pentingnya empati.

Bagaimanapun, event ini sebagai ucapan terima kasih kepada tokoh- tokoh mulia di buku ini. Untuk membuktikan bahwa masih banyak insan mulia yang mau berbagi dengan empati. Kemudian umat lain bisa membaca contoh, mencontoh, dan akhirnya bisa turut memberi contoh (mengaji, mengkaji dan pengajian). Ini merupakan cerita tentang mutiara-mutiara diantara jutaan pasir yang berada di gurun sahara. Semoga, manusia mulia bisa bersinergi bersama-sama.

Doa kami bersamamu wahai insan mulia. Semoga empatimu sebagai jalanmu menuju taman firdausNya.

Nantinya, akan dipilih para pemenang dan kisah inspiratif terbaik. Tiga puluh tiga(33) kisah inspiratif terbaik akan diterbitkan dalam sebuah buku MAYOR “Empati demi Surgawi”. Royalty x 75 % akan dibagi ke seluruh penulis. Yang 25 % untuk Yayasan sebagai sumber penghasilan untuk pelaksanaan kegiatan sosial Yayasan lainnya. Apabila sukses, bisa digunakan untuk event menulis berikutnya.


Ingin ikut? Berikut Syarat dan Ketentuan Kontes Menulis Kisah Inspiratif ini:
  • Peserta lomba Umum dan tidak dibatasi umur.
  • Gratis, tidak dipungut biaya apapun.
  • Tulisan berupa kisah inspiratif dengan tema “Berbagi dengan Empati”, cerita yang ditulis berdasarkan kisah nyata, baik dialami sendiri oleh penulis maupun orang lain.
  • Naskah asli, bukan jiplakan/saduran dan belum terikat secara hukum dengan penerbit/ pihak lain berkaitan dengan copyright dan royalty.
  • Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia. Panjang tulisan 3-6 halaman A4, font Times New Roman 12, spasi 1,5 (margins: seluruhnya 2,54 cm). Cantumkan biodata narasi singkat (maksimal 50 kata) di halaman terakhir naskah. Cantumkan juga bukti pendukung cerita (foto lokasi, foto tokoh, video, surat kabar, dll=sunah, tidak wajib tetapi masuk kriteria penilaian) dan keinginan testimony/ harapan kepada siapa terhadap kondisi dalam cerita sebagai solusi/ penguat dalam berbagi (maksimal 150 kata).
  • Pengiriman naskah melalui email: emailsetiawan@gmail.com, cc: rufa.aida@gmail.com (Subject email: Empati demi Surgawi _Judul_Nama Lengkap. Naskah dicantumkan di lampiran, tidak ditulis di badan email). Naskah juga dikirim melalui inbox facebook pj. Di badan email tambahkan nomor HP dan rekening tabungan.
  • Peserta lomba harus add dan/ atau follow Facebook https://www.facebook.com/4wan.8ijak dan twitter @AriefSetiawan83.
  • Peserta hanya boleh mengirimkan 1 naskah terbaiknya
  • Tujuan lomba bukan semata- mata hadiah atau ketenaran, tetapi semangat berbagi, kebersamaan dan penghargaan atas karya. Karena itu mohon share dan tag teman sebanyak- banyaknya tentang info lomba ini. PJ berterima kasih sekali atas bantuannya. Ini masuk kriteria penilaian.
  • Akan dipilih 6 pemenang, dan 27 karya terbaik akan dibukukan dan diterbitkan secara mayor. Hak terbit buku menjadi milik Yayasan Peduli Umat Yogyakarta. Untuk hak cipta per cerpen tetap milik penulis.
  • Keputusan Juri mutlak, tidak bisa diganggu gugat.
  • Info penerbitan: https://www.facebook.com/4wan.8ijak/posts/10201725116124208/
UNSUR PENILAIAN
1.     Unsur- unsur cerita: kelengkapan aspek formal, kelengkapan unsur intrinsik, keterpaduan unsur/struktur, kesesuaian penggunaan bahasa
2.     Keunikan dan kreativitas ide cerita
3.     Alur cerita tidakmembosankan
4.     Cerita mampu menginspirasi atau menjadi motivator bagi pembaca.
5.     Bukti pendukung cerita, testimony/harapan dan share info/tag teman

Hadiah lomba menulis ini
  1. Juara 1 : Rp 100.000,00 + 1 buku terbit + e-sertifikat + royalty
  2. Juara 2 : Rp 50.000,00 + 1 buku terbit + e-sertifikat + royalty
  3. Juara 3 : Rp 25.000,00 + 1 buku terbit + e-sertifikat + royalty
  4. Harapan 1,2,3 : 1 buku terbit + e-sertifikat + royalty
  5. 27 kontributor lain: e-sertifikat + royalty
Waktu Pelaksanaan Lomba Menulis Kisah Inspiratif ini:
Pengiriman naskah: 20 Juli – 31Oktober 2014.
Pengumuman: paling lambat 31 Desember 2014. Pengumuman dapat dilihat di http://pokokilmu.blogspot.com/, atau melalui Facebook https://www.facebook.com/4wan.8ijak dan twitter @AriefSetiawan83.
Jika ada pertanyaan silakan menghubungi penyelenggara di alamat diatas.

Update Peserta: https://www.facebook.com/4wan.8ijak/posts/10201816988060949

No comments: