Cara Membuat Tulisan/ Postingan di Blog Dikunjungi Banyak Orang/ Viewers

Cara Membuat Tulisan/ Postingan di Blog Dikunjungi Banyak Orang/ Viewers

Awalnya terkejut dengan jumlah viewer di salah satu postingan saya yang mencapai 17 ribu:
Bagi blogger handal, hal itu biasa. Bagi saya, itu sudah wow. Saya bayangkan jika itu novel, maka sudah best seller 17 kali.
Tampilan postingan:



Link:

Padahal tulisannya sederhana. Bandingkan dengan:

Yang tulisannya berat dan sarat makna. Hanya menghasilkan 135 viewers.

Setelah saya cermati, apa saja kunci membuat tulisan supaya dikunjungi banyak orang versi pokokilmu (versi saya red)?
  1. Temukan tema yang bagus/ booming. Ini sangat penting. Kita harus mencermati dulu, apa topik hangat sekarang, apa topik yang dibutuhkan banyak orang. Saya kasih bocoran: Cara Membuat Kaos Sablon Anti Luntur. Karena bukan bidang saya, maka saya hanya memberi ide. Untuk saya sendiri, sudah saya terapkan di tulisan ini, yaitu: Cara Membuat Tulisan/ Postingan di Blog Dikunjungi Banyak Orang/ Viewers;
  2. Upayakan mengambil tema how to. Ini ada kaitannya dengan kunci ketiga;
  3. Buat judul yang menarik. Kira- kira, judul apa yang akan dicari di mesin pencari google?Misalkan, contohnya yang materi: Menulis itu dari hati, jujur dan ikhlas. Apakah orang akan menemukan karakter terbaik berdasarkan kata kunci tersebut di mesin pencarinya. Karena itulah saya ubah judulnya menjadi: Cara menulis yang baik: Menulis itu dari hati, jujur dan ikhlas. Critical pointnya di Cara menulis yang baik. Meskipun tulisan/ isi/ materi bagus, tapi judul jelek, orang akan susah mencarinya. Ini bukan tentang mencari intan di dalamnya samudra lho ya. Konsepnya ini tentang mencari jarum di tumpukan jerami;




     4. Beri gambar yang menarik dan original. Contoh di tulisan blog saya yang berjudul Cara Perpanjangan SIM di Jogja City Mall:



Apa filosofinya? Yaitu tentang bukti otentik cerita kita. Kepercayaan orang akan cerita itu sangat penting. Kemudian, dengan gambar membuat orang larut dalam cerita kita. Seolah- olah ybs berada di tempat itu juga. Membayangkan kondisi realnya. Ingat jargon: “satu foto menggambarkan jutaan kisah”;

5. Niat tulus. Nah, sebenarnya tulisan di blog saya yang booming berjudul Cara Perpanjangan SIM di Jogja City Mall itu kan keluh kesah saya, ada kritikan secara halusnya juga. Saya tidak mau orang lain merasakan apa yang saya alami maupun lihat disana. Kasihan kan orang tua dan ibu- ibu yang bersama anaknya harus balapan lari?;

6. Ikut kontes blog. Ini menambah viewer lumayan. Tidak saya kasih gambar lagi ya. Sudah terlalu banyak. Linknya saja ya: https://pokokilmu.blogspot.com/2020/05/cerpen-secarik-kertas-bertuliskan.html;

7. Baca blog orang, beri komentar dan tinggal link disana. Istilahnya, saling menguatkan;

8. Posting tulisan yang memuat alamat blog di akun medsos. Termasuk, profil akun medsos kita harus ada alamat blog kita;

9. Dll.



Nanti kalau ada ide, saya sambung lagi.
Terima kasih. Salam hangat, dan salam karya.

Comments

Ali said…
Mas apakah boleh saya meminta kontak njenengan? Saya kirim email belum ada balasan, terimakasih